Canon Mengembangkan ‘Konverter’ Mirror-to-DSLR

Salah satu surat kabar terbesar di Jepang telah menerbitkan laporan yang berisi dua informasi menarik untuk penembak mirrorless Canon. Pertama, mereka mengklaim bahwa Canon akan merilis EOS R 1D X-level pada tahun 2021; dan kedua, laporan itu mengungkapkan bahwa Canon sedang mengerjakan semacam ‘konverter’ yang dapat mengubah kamera tanpa cermin menjadi DSLR.

Laporan ini diterbitkan di Nikkan Kogyo Shimbun, dan tampaknya mengkonfirmasi rumor bahwa Canon sedang mempersiapkan kamera EOS R high-end yang dapat bersaing dengan Sony a9 dan mungkin menggantikan unggulan 1D X milik Canon sendiri. Rumor sebelumnya sepertinya mengindikasikan bahwa kamera ini akan tiba lebih awal dari 2021; namun, dengan Olimpiade 2020 dan tindak lanjut ke Canon 1D X Mark II hampir pasti ada di sayap, masuk akal bahwa Canon tidak akan merilis kamera ini sampai setelah Olimpiade.

Yang mengatakan, laporan itu mengklaim bahwa prototipe sudah ada, dan mengkonfirmasi bahwa itu akan “diklasifikasikan ke dalam ‘model profesional’ yang sama dengan EOS-1D X Mark II.”

Bagian kedua dari laporan itu mengungkapkan sesuatu yang sedikit lebih … aneh. Tampaknya Canon sedang mengerjakan semacam konverter yang dapat mengubah kamera tanpa cermin menjadi DSLR. Dalam sebuah kalimat yang terkubur di akhir laporan singkat, artikel itu berbunyi:

     “Kami juga mengembangkan konverter yang dapat bergabung dengan kamera tanpa cermin ke lensa yang dapat dipertukarkan untuk kamera refleks lensa tunggal”

Ini bisa menggambarkan adaptor EF standar, tetapi yang sudah ada. Seperti yang dikemukakan Canon Rumours, Canon benar-benar mengajukan paten kembali pada Januari 2018 yang memperlihatkan lampiran mirror-box / mount / OVF dapat diklik di belakang digital. Paten dasar mungkin adalah apa yang dijelaskan dalam laporan

Apakah ini yang Canon maksudkan untuk akhirnya “menyingkirkan” jajaran DSLR mereka tanpa sepenuhnya meninggalkan basis pengguna itu? Hanya waktu yang akan membuktikan, tetapi pendekatan modular tidak sepenuhnya keluar dari karakter untuk Canon. Mereka baru saja merilis C500 Mark II semi-modular kemarin, siapa bilang mereka tidak bisa melakukan hal yang sama dengan kamera foto mereka?

Sumber: Petapixel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu