ring light adalah alat pencahayaan sederhana yang biasa digunakan untuk foto kecantikan, potret, dan fotografi makro. Biasanya terdiri dari sejumlah bola lampu kecil yang membentuk lingkaran atau hanya satu bola lampu neon melingkar. Saat digunakan dalam fotografi, ini menciptakan cahaya tangkap yang menarik pada mata subjek sambil memancarkan cahaya merata dan merata yang membantu menghilangkan bayangan. Biasanya diposisikan di depan subjek, dengan kamera terletak di tengah ring.

Lampu cincin yang lebih kecil juga dapat dipasang pada lensa kamera untuk fotografi makro.

Untuk apa cincin cahaya digunakan?

Ring ring digunakan terutama untuk aplikasi fotografi dan videografi. Ini biasanya digunakan untuk potret, fotografi makro dan aplikasi lain yang melibatkan pekerjaan jarak dekat dengan hanya satu subjek, seperti dalam mode atau fotografi makanan. Ini juga berfungsi sebagai alat penerangan yang ekonomis untuk pembuatan film dalam ruangan dan vlogging.

Fotografer dan videografer sangat menyukai lampu cincin karena mereka menawarkan pencahayaan yang lebih tersebar di sekitar subjek sekaligus mengurangi tampilan bayangan yang keras, itulah sebabnya mengapa ini adalah alat pencahayaan yang populer untuk potret jarak dekat. Lampu cincin dapat membuat subjek Anda “meletus” dan tidak membasuh atau mengubah kontur wajah dengan cara yang tidak merata pada pencahayaan, menjadikannya alat pencahayaan yang sempurna untuk potret dan selfie.

Lampu cincin LED terdiri dari umbi putih hangat yang menyerupai cahaya matahari di dalam ruangan dan menghadirkan warna kulit alami subjek. Mereka datang dalam berbagai ukuran, kadang-kadang dengan lampu redup, dan kompatibel dengan semua jenis kamera.

Anda akan tahu bahwa seorang model menghadap cahaya cincin oleh penampilan lampu tangkap melingkar (atau lampu mata) di mata subjek. Sorotan spektakuler ini langsung membuat potret lebih menarik dan menarik, karena mereka langsung menarik perhatian pemirsa ke mata subjek.

Jika ini satu-satunya hadiah cahaya, Anda juga akan melihat bayangan “lingkaran cahaya” di sekitar subjek Anda.

Untuk fotografi makro, lampu cincin menawarkan pencahayaan yang sedikit lebih fokus di depan dibandingkan dengan lightbox tetapi mendistribusikan cahaya di sekitar subjek kecil dengan cukup baik untuk menyembunyikan bayangan dan menghasilkan lebih banyak detail.

Anda juga dapat menggunakannya sebagai lampu pengisi dalam pemotretan studio di mana Anda mungkin sudah memiliki sumber cahaya lainnya. Ini memastikan bahwa Anda memiliki pencahayaan lembut yang cukup untuk langsung mencerahkan subjek Anda untuk tampilan yang lebih tiga dimensi.

Makeup Ring Light

Meskipun lampu dering bagus untuk foto, lampu juga membuat pencahayaan yang bagus untuk video. Jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa subjek tertentu terlihat jauh lebih baik di bawah pencahayaan konstan, mereka mungkin menggunakan lampu cincin. Mereka bisa dibilang pencahayaan terbaik untuk video YouTube, terutama untuk vloggers dan pengulas produk.

Sebenarnya setiap penata rias yang serius di YouTube menggunakan cincin cahaya untuk tutorial tata rias karena secara instan meningkatkan fitur wajah dan membantu menunjukkan warna kulit yang sebenarnya serta produk mereka. Mereka cukup meletakkan lampu rias wajah mereka di depan kamera (atau kamera ponsel) dan merekam.

Memilih Ring Light

Lampu cincin bisa dibeli apa adanya, tetapi sekarang ada banyak tutorial tentang cara membuat lampu cincin DIY Anda sendiri. Namun, perlu diingat bahwa jika Anda membuat cahaya dering konstan untuk video, biasanya itu tugas yang lebih menantang karena Anda harus memoles jenis bola lampu dan mendapatkan bahan yang tepat untuk memastikan bahwa lampu dering DIY Anda aman untuk penggunaan berulang dan lama.

Hal yang baik tentang menggunakan lampu yang lebih konstan, dibandingkan dengan memiliki cincin cahaya yang berkedip dengan setiap klik rana, adalah bahwa lebih mudah untuk melakukan perubahan yang diperlukan untuk mencapai efek dan kekuatan cahaya yang Anda inginkan. Kemudian lagi, lampu flash ring juga dapat membantu Anda menghemat daya.

Hal lain yang harus Anda perhatikan ketika membeli atau membuat cincin cahaya Anda adalah bahwa kekuatan dan ukuran memang membuat perbedaan. Jika Anda ingin cahaya tampak pada mata subjek Anda, Anda akan membutuhkan cahaya cincin yang jauh lebih besar. Namun, lampu cincin yang lebih kecil akan memberi Anda efek yang sama jika Anda akan melakukan banyak close up. Mengenai daya, biasanya yang terbaik adalah mendapatkan yang memiliki redup sehingga Anda dapat dengan mudah menyesuaikan daya tergantung pada jarak antara lampu dering dan subjek Anda.

Terakhir, perhatikan suhu warna lampu cincin Anda. Bahkan jika Anda memutuskan untuk menggunakan gel warna untuk sementara membuat lebih banyak warna menyenangkan dengan cahaya, Anda akan ingin memiliki warna default yang lebih alami. Lampu neon, putih hangat, atau bahkan putih terang sering lebih disukai untuk lampu cincin daripada putih hangat atau kuning cerah.

Sumber: Adorama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu