Investasi Dry Box adalah Kunci

Jika Anda ingin kamera Anda tetap dalam kondisi baik selama bertahun-tahun, Anda harus mendapatkan kotak kering atau kabinet kering berkualitas baik. Wadah penyimpanan ini memberikan perlindungan untuk kamera Anda, serta untuk semua peralatan fotografi Anda yang lain.

Ini merupakan investasi yang harus dimiliki setiap fotografer serius di rumah, studio, atau kantornya.

Kotak Kering
Bayangkan sebuah kotak atau wadah yang terlihat seperti kulkas – dan Anda memiliki kotak kering itu. Alih-alih menjaga bagian dalam tetap dingin, wadah khusus ini mengontrol kelembaban sehingga alat Anda, terutama kamera dan lensa, tetap kering dan aman. Di dalam kotak kering, suhunya tidak naik atau turun; pada dasarnya tetap sama dengan suhu ruangan tempat ditempatkannya. Idealnya, rentang RH (Relative Humidity) diperlukan 35 hingga 45% agar kotak kering dapat memberikan perlindungan terbaik untuk alat fotografi Anda.

Meskipun kotak kering dijual dalam berbagai ukuran, bentuk, dan desain, jenis yang paling populer adalah yang kecil karena mudah dibersihkan dan dipindahkan. Sebagian besar model atau desain memiliki rak tempat Anda dapat menumpuk kamera, lensa, dan lampu kilat.

Pentingnya Menggunakan Kotak Kering
Satu kata yang menjawab pertanyaan “Mengapa saya perlu kotak kering untuk kamera saya?” Adalah jamur.

Jamur adalah musuh terburuk kamera Anda. Tidak hanya sulit dibersihkan atau dilepas; itu dapat merusak kamera Anda, khususnya lensa Anda, karena di situlah jamur tumbuh.

Jamur masuk di antara dan di bawah lensa; di kaca lensa Anda. Saat Anda menyimpan kamera untuk waktu yang lama – dan tanpa perlindungan yang layak – kamera akan terkena lingkungan yang lembab, yang merupakan tempat berkembangnya jamur. Begitu jamur tumbuh, ia akan menyebar cukup cepat; sangat cepat sehingga Anda mungkin tidak memperhatikan bagaimana alat atau peralatan Anda yang lain telah terinfeksi. Ini akan terjadi terutama jika Anda mencampur lensa bersih dan terinfeksi bersama-sama dalam satu area atau wadah.

Masalah lain yang disebabkan oleh jamur adalah ketika Anda membersihkan lensa yang terinfeksi secara paksa. Ini dapat merusak lapisan khusus lensa Anda.

Fotografer yang tidak memiliki kotak kering sering menempatkan kamera dan alat fotografi mereka di lemari dan laci. Ini adalah ruang gelap dan lembab, sehingga jamur pasti akan menyerang mereka dalam waktu singkat. Untuk mencegah hal ini, mereka harus menggunakan kamera dan lensa mereka, dan membiarkannya terkena udara segar dan cahaya sesering mungkin.

Menggunakan kotak kering adalah hal biasa bagi fotografer yang tinggal di daerah yang lembab hampir sepanjang tahun.

Jenis Kotak Kering
Anda dapat memilih di antara dua jenis kotak kering.

Kotak Kering Elektronik – Jika Anda lebih suka menyesuaikan tingkat kelembaban kotak kering Anda sendiri, kotak kering elektronik sangat cocok untuk Anda. Ada tombol kontrol untuk tingkat kelembaban. Beberapa desain terhubung ke hygrometer digital yang dapat Anda atur pada tingkat yang tepat. Tipe ini menggunakan kondensasi dalam menghilangkan kelembaban dari bagian dalam kabinet.

Kotak Kering Dessicant – Jika Anda ingin kabinet yang lebih sederhana (dan lebih murah) untuk kamera dan lensa Anda, pilihlah kotak kering dessicant. Jenis ini adalah kotak tertutup rapat yang berisi gel silika atau dessicant lainnya. Mudah dikelola dan lebih terjangkau daripada jenis elektronik. Anda bahkan dapat membuatnya sendiri. Satu-satunya kelemahan dari tipe kotak kering ini adalah bahwa jika Anda terus membukanya, dessicant mungkin menjadi jenuh dengan kelembaban, sehingga mengalahkan tujuan kabinet. Kabinet kering ini tidak dilengkapi dengan regulator atau pengontrol.

Memilih Kotak Kering Yang Baik
Memutuskan jenis kotak kering mana yang akan digunakan sebagian besar tergantung pada preferensi pribadi, yang sebagian besar ditentukan oleh anggaran, di antara hal-hal lain. Namun, penting juga untuk mempertimbangkan jenis fotografi yang Anda lakukan. Apakah Anda hobi? Atau apakah fotografi sumber mata pencaharian utama Anda? Apakah fotografi merupakan seni bagi Anda – lebih dari sekadar hobi dan sumber keuangan? Jawaban Anda atas pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda menentukan jenis kotak yang harus Anda dapatkan.

Tentu saja, jika anggaran Anda cukup ketat, Anda mungkin ingin menggunakan kotak kering yang dessicant; atau mungkin memutuskan proyek Do-It-Yourself kecil. Tetapi penting untuk selalu mencari yang berkualitas baik. Ukuran juga penting. Jangan memilih yang terkecil yang Anda lihat karena ini yang termurah. Pastikan ukurannya tepat sehingga semua peralatan fotografi Anda muat di dalamnya. Berpikirlah ke depan ketika memutuskan ukuran, karena Anda yakin akan membeli lebih banyak alat di masa depan. Jadi pilihlah yang tidak hanya terbuat dari bahan yang tahan lama, tetapi yang memiliki sedikit ruang ekstra.

Anda mungkin juga ingin mendapatkan kotak kering kamera dan lensa yang dapat Anda bawa-bawa. Ini lebih kecil dalam ukuran dan sedikit seperti kotak peralatan, bukan lemari es. Ini harus menjadi pilihan pertama Anda jika Anda sering bepergian dengan kamera Anda. Beberapa orang yang pergi trekking dan berkayak menggunakan kotak kering jenis ini. Ada juga kotak kering untuk perjalanan yang terlihat seperti tas kantor yang kokoh. Kotak-kotak ini biasanya tahan air dan tahan debu, jadi Anda dijamin akan melengkapi peralatan Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu