Lensa Fujinon terbaik?

Kembali pada bulan Juli, Fujifilm mengumumkan lensa zoom serbaguna baru untuk kamera Seri-X: XF 16-80mm f / 4 R OIS WR. Lensa baru, ringkas, dan sangat serbaguna ini seharusnya menjadi tambahan yang bagus bagi banyak fotografer, dan kami mendapat kesempatan untuk memotret dengan versi pra-produksi selama beberapa hari.

16-80mm (setara bingkai penuh 24-122mm) adalah lensa serba bisa yang sempurna, dengan kualitas build yang solid dan kualitas gambar yang cocok. Lensa ini memiliki 6 perhentian Image Stabilization, yang paling banyak dari semua lensa Fujinon, membuatnya bagus untuk penggunaan cahaya rendah meskipun aperture f / 4-nya. Ini juga memiliki jarak pemfokusan minimum hanya 35cm, yang memungkinkan fotografer mendapatkan foto yang bagus saat diperbesar menjadi 80mm.

Dengan aperture bundar 9-blade, bola bokehnya bagus dan halus, dan keseluruhan bokehnya lembut dan menyenangkan tanpa terlalu mengganggu.

OIS dirancang untuk secara otomatis mendeteksi ketika kamera sedang digunakan pada tripod, dan oleh karena itu tidak ada saklar untuk menghidupkan / mematikan OIS. Bahkan, tidak ada tombol pada lensa ini sama sekali. Cincin fokus adalah fokus dengan kawat, dan sementara beberapa mungkin lebih suka cincin kopling push / pull seperti yang dimiliki beberapa lensa, resistansinya bagus dan pemfokusan secara manual saat merekam video sangat mudah.

Kualitas build adalah yang terbaik, seperti kebanyakan lensa Fujinon seri XF. Cincin zoom memiliki jumlah resistensi yang bagus untuk itu, dan meskipun agak kekar, tidak ada zoom merayap ketika lensa diarahkan ke bawah, menghilangkan kebutuhan untuk kunci zoom. Lensa ini juga disegel cuaca di 10 titik di seluruh tong, membuatnya bagus untuk mereka yang memotret dalam kondisi buruk.

Kualitas gambar setara dengan lensa high-end Fuji, dan gambar cukup tajam dari ujung ke ujung. Dengan beberapa lensa zoom yang mengemas lebih dari 4x optical zoom, ujung telefoto dari rentang zoom kadang-kadang bisa agak lunak. Pada lensa ini, ketajaman dari 40-80mm adalah kedudukan tertinggi, dan saya menemukan diri saya menggunakan rentang telefoto lensa ini lebih daripada ujung lebar.

Meskipun 16mm dapat digunakan untuk foto sudut lebar, saya lebih suka 10-24 atau 8-16 untuk foto pemandangan.

Setelah menggunakan lensa ini selama beberapa hari, jelas bahwa ini adalah salah satu lensa all-around terbaik untuk kamera Seri-X. Rasanya seimbang dengan X-H1 dan X-T3, dan cukup bagus pada X-T30 yang sedikit lebih kecil. Setelah Anda menaruhnya di X-A5 atau X-T100, itu menjadi berat di depan dan bisa sedikit canggung untuk digunakan.

Zoom optik 5x menjadikannya solusi lensa tunggal yang sempurna untuk potret dan lanskap, bersama dengan foto terperinci. Mampu pergi ke taman dan memotret pemandangan, bunga, dan orang-orang tanpa harus mengganti lensa atau membawa tas sangat nyaman. Dan sementara itu mungkin bukan lensa masuk untuk fotografer profesional penuh waktu, itu bukan hanya untuk penggemar.

Fokus otomatis pada 16-80mm cepat dan akurat. Bahkan dengan aperture f / 4, Anda dapat meniup latar belakang saat memotret pada 80mm. Vignetting minimal, dan praktis tidak terlalu mencolok. Ada sedikit distorsi pada ujung yang lebar, tetapi sama dengan lensa lainnya. Setelah Anda mencapai sekitar 24mm, itu bukan masalah.

16-80 juga merupakan pilihan yang bagus untuk videografer, dengan rentang zoom serbaguna dan OIS yang fantastis. Seperti halnya banyak lensa Fujinon, Anda mendapatkan sedikit kedipan / bukaan berkedip saat memperbesar dan memperkecil. Autofocus diam, dan pernapasan fokus sangat minim.

Jika Anda mencari lensa yang ringkas dan serbaguna tanpa pertukaran kualitas gambar, 16-80 layak untuk dilihat. Ini merupakan peningkatan besar dari lensa kit Fuji, dan meskipun mungkin tidak secepat 16-55mm f / 2.8, harga dan keserbagunaan mungkin sangat berharga untuk banyak fotografer. Fujinon XF 16-80mm f / 4 R OIS WR akan dihargai $ 800, dan perlahan-lahan mulai dikirimkan ke dealer sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Menu