Fujifilm X-T4 vs X-T3: Perubahan signifikan?


Fujifilm mengatakan X-T4 dimaksudkan sebagai model saudara untuk X-T3 daripada pengganti langsung, tetapi ada perbedaan yang cukup antara keduanya yang mungkin ingin ditingkatkan oleh beberapa pengguna. Dan mungkin ada orang yang melihat seri X lagi, ingin tahu mana yang merupakan pilihan yang lebih baik.
Tapi, tentu saja, X-T3 telah berada di pasaran cukup lama sehingga harganya turun, jadi siapa pun yang ingin membeli untuk pertama kalinya mungkin tergoda untuk menghemat banyak uang dengan memilih kamera yang tidak stabil. Jadi apa perbedaan yang penting?

Fujifilm X-T4 vs X-T3: autofokus
X-T3 dan X-T4 berbagi sensor yang sama, sebuah chip X Trans 4 ukuran 26.1MP APS-C. Ini juga menentukan sistem fokus otomatis yang digunakan, karena ia hidup pada sensor. Ada hingga 425 titik fokus yang dapat dipilih, tergantung pada grid yang dipilih, tetapi sensor itu sendiri memiliki 2,16 juta piksel deteksi fase yang tersebar di seluruh area sensor. Pembaruan firmware X-T3 terbaru Fujifilm, versi 3.2, secara signifikan meningkatkan kinerja fokus otomatis, menjadikannya lebih cerdas. Hal ini menunjukkan bahwa perubahan ini sebenarnya dikembangkan untuk X-T4. Hal lain yang menjadi penting adalah deteksi mata yang jauh lebih baik dan deteksi wajah yang lebih baik ketika lebih dari satu orang berada dalam bingkai. Ini adalah pengingat bahwa sistem fokus modern sangat bergantung pada implementasi yang dioptimalkan dengan baik, bukan hanya perangkat keras yang mendasarinya. Klaim Fujifilm sendiri adalah fokus pada X-T4 sekarang “secepat 0,02 detik”, karena algoritma baru. Namun, mengingat pembaruan X-T3 baru-baru ini, kinerja kedua kamera mungkin lebih daripada yang kita kira.

Video
Sementara fitur itu belum muncul, X-T4 adalah kamera video yang ditingkatkan secara signifikan, dan tidak hanya berkat IBIS dan layar yang mengartikulasikan itu. Kita mendapatkan pengambilan resolusi maksimal 4K yang sama, hingga 60 frame per detik. Namun, penangkapan 1080p sekarang dapat mencapai 240fps, sampai 10x slo-mo. Seperti sebelumnya, Anda juga dapat merekam video 4K hingga 60 fps dalam warna 10-bit 4: 2: 0 ke kartu SD, atau 10-bit 4: 2: 2 ke perekam eksternal melalui port micro HDMI. Kamera dapat menggunakan stabilisasi optik dan stabilisasi elektronik / perangkat lunak saat merekam video, yang seharusnya meningkatkan fleksibilitas video X-T3 yang sudah kuat. Fujifilm juga telah mengubah antarmuka, untuk membuat X-T4 melayani lebih langsung ke penembak video. Ada menu cepat dan sub-dial khusus untuk video. Anehnya, Fujifilm telah melepaskan jack 3.5mm dari X-T4, meskipun tidak termasuk adaptor USB-C-to-3.5mm di dalam kotak. Seperti X-T3, ia memiliki slot kartu SD ganda yang memungkinkan rekaman video yang sama direkam dua kali sebagai cadangan.

Performa
Fujifilm X-T4 menawarkan peningkatan kinerja serius di atas pendahulunya, meskipun wajar untuk mengatakan X-T3 tetap menjadi kamera yang sangat baik bagi kebanyakan orang. Kecepatan pemotretan burst maksimum adalah 11fps pada X-T3, tetapi pada X-T4 yang sekarang mencapai 15fps menggunakan rana fisik. Cocok sekali untuk anda yang memerlukan aktifitas yang lebih banyak Pada kecepatan ini, Fujifilm X-T4 dapat memotret 110 JPEG sebelum mengisi buffer-nya. Kedua kamera dapat bergerak lebih cepat jika shutter fisik diabaikan untuk yang elektronik, dengan kecepatan burst hingga 30fps. Ini melibatkan crop 1,25x.


Daya tahan baterai
Baterai baru adalah alasan lain untuk bodi yang lebih tebal pada X-T4. X-T3 menggunakan baterai Fujifilm NP-W126S 1260mAh, X-T4 2350mAh NP-W325 yang jauh lebih besar. Ini meningkatkan angka stills per charge dari 390 menjadi 500, berdasarkan penggunaan dengan lensa 35mm f / 1.4. Ada mode Ekonomi yang meningkatkan ini hingga 600 bingkai. Efek ketahanan pada video juga sangat besar. Anda dapat merekam 85 menit video 4K terus menerus (30fps) dengan X-T4 dari pengisian daya, atau 55 menit dengan X-T3. Sama seperti IBIS, baterai yang tahan lama menjadikan X-T4 kamera perjalanan yang jauh lebih fleksibel.

Sumber: Techradar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu