Mengenal Fungsi Reflector Berdasarkan Warnanya

Reflektor 5-in-1 adalah alat praktis untuk berbagai situasi dan sangat penting untuk setiap peralatan fotografer. Harganya terjangkau dan dapat menambah dimensi baru pada potret Anda dengan sedikit usaha. Menghabiskan waktu dengan reflektor 5-in-1 adalah cara yang bagus untuk berlatih menambah dan menghilangkan cahaya sebelum berinvestasi dalam peralatan pencahayaan dan membuat segalanya menjadi rumit. Kali ini kita akan mempelajari jenis dan fungsi warna reflector:

REFLECTOR SILVER/PERAK

Serupa dengan reflektor berwarna emas, untuk warna perak, cahaya yang dipantulkan juga bersifat keras. Bedanya ketika digunakan di luar ruangan, reflektor berwarna perak akan memantulkan warna biru langit sehingga hasil foto bisa saja tampak kebiruan. Namun ketika digunakan dalam studio, cahaya yang dipantulkan berwarna netral tak seperti reflektor berwarna emas yang warnanya lebih hangat.

REFLECTOR GOLD/EMAS

Terkadang kita memiliki pandangan tertentu dalam pikiran, tetapi tidak dapat mencapainya dengan cahaya sekitar yang ada. Katakanlah Anda ingin melihat matahari terbenam lebih ke tengah hari. Menggunakan reflektor emas dapat memberi Anda cahaya hangat rendah yang mirip dengan matahari terbenam. Anda bahkan bisa memantulkan cahaya emas ke belakang subjek Anda untuk memberi mereka cahaya rambut keemasan. Sama seperti sisi perak, itu adalah cahaya yang kuat dan terkonsentrasi sehingga memperhatikan intensitas cahaya sumber Anda dan jarak dari reflektor ke subjek Anda.

Reflektor Putih

Jenis reflektor ini memantulkan cahaya lebih sedikit dibandingkan warna lainnya, namun penggunaan reflektor ini ideal saat dalam studio jika Anda ingin menyeimbangkan cahaya dari lampu flash eksternal yang digunakan, namun tetap menginginkan cahaya yang lebih halus. Menariknya Anda tak perlu membeli reflektor khusus untuk yang warna putih ini, sebidang kotak stirofoam yang bisa didapat dengan harga murah, sudah sangat mencukupi untuk berfungsi sebagai reflektor.

Reflektor Hitam

Jenis reflektor ini berbeda dari yang lainnya, alih-alih memantulkan cahaya, reflektor hitam lebih ke menyerap cahaya. Tipe reflektor ini sangat berguna saat Anda memotret produk dari bahan kaca atau mengkilap, dengan begitu efek pantulan produk tersebut bisa dihilangkan atau diminimalisir.

Sumber: savaseva

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu