fbpx

Teknik-Teknik Dalam Fotografi #1

Sebenarnya teknik fotografi ada banyak, tapi part 1 ini kita akan paparkan beberapa teknik fotografi, diantaranya:

  1. High Key

High key adalah gaya fotografi dimana gambar didominasi oleh warna putih atau terang dengan kata lain sedikit mid-range. Sementera low key adalah dimana subjek dikelilingi oleh warna gelap dengan sedikit highlight. Keduanya menggunakan kontras secara intensif dan dapat digunakan untuk membuat mood yang berbeda. Foto-foto high key cenderung ringan dan terang, dan dianggap positif, sementara foto-foto low key seringkali memberi efek dramatis.Foto-foto high key memiliki sedikit atau sama sekali tidak memiliki shadow dan kurang kontras, subjek ditampilkan dalam warna yang terang dan hampir sama dengan backgroundnya. Ada sedikit middle tone dan seringkali tone warnanya hampir sama pada keseluruhan gambar. Salah satu subjek high key yang bagus adalah potret orang, subjek difoto dengan latar belakang putih dan biasanya memakai baju putih atau yang berwarna terang. Tingkat exposure biasanya tinggi, tapi gambar jangan sampai overexposure. 

2. Siluet/Silhouette

Teknik siluet adalah teknik mengambil gambar dengan obyek utama gelap total dan berbackground yang terang. Teknik ini menonjokan bentuk dan karakter dari obyek utama. Teknik ini sangat mudah dilakukan, tetapi perlu mencari obyek yang menarik untuk menghasilkan siluet yang bagus. Untuk mendapatkan siluet yang sempurna, fotografer harus memperhatikan latar belakang yang ada di sekeliling objek atau subjek yang akan difoto.

3. High Speed

Apakah Sobat pernah bertanya-tanya bagaimana seorang fotografer mampu memotret percikan air, balon meledak, atau buah yang terkena peluru?, ya itulah yang disebut dengan High Speed Photography atau Fotografi Kecepatan Tinggi

Tujuan dari high speed photography adalah memotret benda yang bergerak cepat dan hanya dapat dilihat oleh kasat mata. Untuk mempelajari fotografi ini, Sobat harus bisa memotret peristiwa dengan mengikuti urutan yang dapat diprediksi. Atau Sobat harus dapat mendeteksi trigger, menunggu event lalu shoot.

Misal, untuk memotret setetes air yang jatuh mengenai  permukaan, pertama yang perlu Sobat ketahui adalah waktu ketika tetesan itu akan mulai jatuh. Berikutnya, Sobat buat  penundaan (delay) antara trigger dan event setelah itu ambil gambar.

4. Slowspeed

Teknik fotografi slow speed (kecepatan rendah) ini adalah salah satu teknik terpenting dalam dunia fotografi, terutama dalam bidang landscape (pemandangan alam). Istilah lain yang sering digunakan untuk teknik ini adalah teknik long exposure. Marilah kita diskusikan teknik ini secara mendalam, agar kita dapat menguasainya dan menambah pengetahuan kita agar dapat menciptakan karya yang luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu