fbpx

NEW INSTA 360 ONE R EDITION : 1 Inch Edition & 4K EDITION

Kamera 360 derajat bukan untuk semua orang. Itulah mengapa belakangan produsen seperti GoPro dan Insta360 turut menyertakan fitur untuk mengekstrak atau merekam video standar pada kamera 360 derajatnya.

Namun kalau menurut Insta360, video standar hasil reframing dari video 360 derajat ini kualitasnya masih kalah jika dibandingkan dengan rekaman kamera biasa. Berkaca pada kesimpulan tersebut, mereka merancang Insta360 One R, sebuah action cam yang dideskripsikan mampu beradaptasi sesuai kebutuhan.

Insta360 One R

Untuk mewujudkannya, Insta360 mengambil rute modular. Satu unit One R terdiri dari tiga jenis modul yang berbeda: Battery Base, Core yang memuat layar sentuh dan bisa dihadapkan ke sisi pengguna atau sebaliknya, dan Lens Mod yang dapat diganti-ganti layaknya sebuah kamera mirrorless. Lens Mod inilah yang menjadi daya tarik utama One R.

Saat pengguna hendak merekam video 360 derajat, mereka dapat memasangkan Dual-Lens 360 Mod yang dapat merekam sisi depan dan belakang sekaligus, sebelum akhirnya digabungkan secara otomatis menjadi satu video 360 derajat beresolusi 5,7K. Kalau ingin merekam video biasa, tinggal lepas dan ganti dengan 4K Wide Angle Mod yang mendukung perekaman dalam resolusi 4K 60 fps serta slow-motion sampai 8x kecepatan asli.

Secara fisik, dimensi One R tidak jauh berbeda dari action cam standar macam GoPro Hero8 Black. Sertifikasi IPX8 memastikan ia tahan air sampai kedalaman 5 meter tanpa bantuan casing tambahan, dan jika diperlukan, ada aksesori Dive Case yang siap membawanya sampai 60 meter di bawah air.

Urusan audio, One R dibekali dengan sepasang mic internal, namun pengguna dapat dengan mudah menyambungkan mikrofon eksternal via port USB-C, lalu menempatkannya di atas kamera dengan bantuan Accessory Shoe. One R juga mendukung pengoperasian via perintah suara, cocok untuk skenario seperti ketika kamera dipasangkan di atas helm. Ada perbedaan yang bisa kita lihat di setiap edisinya, diantaranya:

  1. Insta 360 One R 4K Edition

Pada Edisi ini, Insta 360 One R Dilengkapi dengan satu lensa 4K – 60 FPS dengan kapasitas Wide-Angle. Lensa yang ada bisa diganti dengan lensa INSTA 360 One R Jenis Lainnya. Untuk Aperture, Lensa dari Edisi ini bisa mencapai angka F/2.8, yang pastinya bisa kita pakai buat night shoot, Untuk stabilisasi video, edisi ini dilengkapi dengan flowstate stabilization, yang memungkinkan getaran yang lebih sedikit ketika kamera kita bergetar.

Insta360 4K Edition

2. Insta 360 One R 1-Inch Edition

Pada edisi ini, Insta 360 One R bekerja sama dengan brand kamera Leica untuk beberapa peningkatan pada seri Insta 360 One R. Peningkatan yang cukup signifikan terletak pada ukuran sensor 1 Inch yang ditanamkan di edisi ini. Insta One R pada umumnya di bekali dengan sensor ukuran 1/2.3 Inch. Hal ini membuat perekaman video jadi lebih tajam, dan detail yang terlihat. Perekaman video juga bisa mencapai 5,3K dengan 30 FPS. Untuk fitur didalamnya, terdapat fitur hyperlapse dan slowmotion

Main KV

3. Insta 360 Twins Edition

Pada edisi ini, kalian bisa mendapatkan 2 lensa dalam 1 Insta One R. yaitu Lensa 4K wide, dan 5,7K 360 derajat. Bisa dibilang, pada edisi ini adalah gabungan 2 edisi sebelumnya untuk masalah lensa. Untuk sensor, Insta 360 One R edisi ini dilengkapi dengan 1/2.3 Inch, berbeda dari edisi 1-Inch. Untuk fitur didalamnya, bisa kita bilang komplit, karena perpaduan antara 2 lensa yang terdapat pada 2 edisi sebelumnya digabung menjadi 1.

Main KV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu