fbpx

7 Tips Fotografi Hitam Putih Jalanan

COOPH baru-baru ini bertemu dengan fotografer jalanan yang berbasis di London dan salah satu pendiri Street Photography Internationa Alan Schaller untuk berbicara tentang salah satu bentuk fotografi paling sulit yang tampak di luar sana: fotografi jalanan hitam dan putih.

Sementara fotografi jalanan B&W sangat lazim, juga sangat sulit untuk melakukannya dengan baik. Siapa saja dapat memotret adegan jalanan atau menampar preset B&W kontras sangat tinggi pada file RAW, tetapi kemampuan untuk membuat foto jalanan B&W yang menarik dan menarik adalah seni kuno. Schaller adalah pakar dalam hal ini — bahkan, ia memotret secara eksklusif hitam dan putih — dan dalam video di atas ia membagikan total 7 tips untuk fotografi jalanan B&W yang lebih baik:

Tembak B&W Sesuai Tujuan – Jangan memotret warna dan mengonversi nanti, sisihkan hari ketika Anda memotret B&W secara eksklusif


Fokus pada apa yang Membuat B&W Menarik – Carilah kontras, cahaya, dan nada suara. Variasi warna yang liar (jelas) tidak akan berbuat banyak untuk sebagian besar gambar B&W


Beradaptasi dengan Situasi Cahaya Anda – Jangan mencoba memotret B&W “kontras tinggi” ketika lampu tidak bekerja sama. Jangan memaksakan kehendak Anda pada lingkungan, biarkan cahaya menentukan tampilan dan nuansa foto Anda.


Manfaatkan Lingkungan Anda dengan Baik – Jangan hanya fokus pada elemen manusia, berkreasi dengan hal-hal seperti geometri dan refleksi.


Abadikan Banyak Kontras – Pastikan gambar Anda mewakili rentang kontras yang baik dari putih cerah hingga hitam paling gelap. Anda tidak perlu kontras super “tinggi”, tetapi cobalah menangkap berbagai nada.


Ubah Perspektif – Jika Anda selalu memotret dari ketinggian setinggi kepala atau pinggul, Anda salah melakukannya. Ini jelas berlaku di luar B&W, tetapi mudah untuk “terjebak” dalam satu gaya dengan fotografi jalanan.


Sunting dengan Bijak – Biarkan materi menentukan bagaimana pengeditan seharusnya terlihat, daripada memaksakan “gaya” tertentu pada semua fotografi jalanan B&W Anda. Jika Anda belum memilikinya di dalam kamera, jangan paksa itu terjadi.

Lihat video lengkap untuk mendengar Schaller memperluas setiap poin di atas, tontonlah dia bekerja di IRL, dan lihat banyak gambar sampel yang luar biasa dari portofolionya. Setiap tip dipasangkan dengan beberapa sampel yang menggambarkan poin sederhana yang tampak indah, dan jika Anda ingin melihat lebih banyak, Anda dapat menemukan Schaller di Instagram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Main Menu